“Dipanggang”, MacBook Rusak Bisa Hidup Kembali

 

 
Ales Kocjancic
MacBook Pro milik Ales Kocjancic di dalam oven

KOMPAS.com — Banyak macam kerusakan yang bisa menimpa komputer, banyak pula cara yang bisa ditempuh untuk memperbaikinya. Namun, yang dilakukan oleh pengembang aplikasi bernama Ales Kocjancic ini memang bikin geleng-geleng kepala.

Alkisah, sebagaimana diceritakan oleh BGR, Kocjancic yang merupakan pendiri platform optimisasi real-time Live Systems merasa frustrasi karena laptop Apple MacBook Pro miliknya rusak. Komputer itu suatu hari menolak booting dan berulang kali berhenti pada layar abu-abu yang menampilkan logo Apple.

Setelah menelusuri berbagai forum dan mencoba aneka cara perbaikan, MacBook milik Kocjancic tak kunjung bisa “dibangunkan”. Putus asa, dia memutuskan untuk melakukan sesuatu yang ekstrem, membongkar logic board (mainboard) MacBook dan memasaknya.

Ales KocjancicLogic board MacBook Pro Ales Kocjancic setelah dibongkar

Entah “memasak” di sini bisa diartikan secara harfiah atau tidak. Yang jelas, Kocjancic membungkus jeroan komputer malang itu dalam aluminium foil, lalu memanggangnya dalam oven bersuhu 170 derajat celsius, persis selama 7 menit.

Tentu, proses ini menghilangkan garansi MacBook Pro milik Kocjancic yang sedari awal tidak tercakup dalam AppleCare. Dia sendiri rupanya lebih suka menempuh cara tersebut ketimbang membawa komputer ke pusat servis Apple. 

Seusai dipanggang, logic boardMacBook dikeluarkan dari oven dan didiamkan agar dingin sebelum dipasang kembali ke dalam cangkang aluminium laptop itu.

 

Ajaib! Sistem operasi di MacBook Kocjancic kembali terhubung setelah dimasak. Pengalaman tersebut dituangkannya ke dalam sebuah blog.

Ales KocjancicMacBook Pro Ales Kocjancic berhasil menyala kembali setelah

Apa penjelasan logis di balik kejadian ini? Business Insider berspekulasi bahwa kerusakan MacBook Kocjancic kemungkinan disebabkan oleh koneksi solder di logic board yang terputus. Nah, dengan dipanaskan dalam oven, sambungan solder tadi mencair lalu tersambung kembali setelah didinginkan. Untung saja tak ada komponen lain yang malah terbakar.

Kocjancic mengaku sebelumnya pernah mencoba “memasak” kartu grafis GeForce yang rusak dan berhasil  memperbaikinya. Dia merasa cara yang sama akan kembali berhasil pada MacBook ini. 

Kendati demikian, Kocjancic memberi peringatan keras kepada pengguna lain agar jangan pernah mencoba cara tersebut, demi menghindari risiko kebakaran yang sangat mungkin terjadi. 

Sumber: BGR

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 25 Maret 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: