PENJELASAN ANEKA PROCESSOR

  • Processor :merupakan inti Komputer dimana semua eksekusi program dijalankan olehnya. Nama lainnya CPU atau Central Processing Unit, atau disebut pula otak Komputer, Chip Utama, Core, dll.

Ada 2 Pabrikan yang ternama didalam memproduksi CPU kelas Desktop PC dan SERVER. Yaitu : Intel Corporation dan AMD (Advanced Micro Device), kedua produsen ini sama-sama berpusat di Amerika Serikat dan keduanya pun bersaing ketat dalam hal teknologi CPU dan Harga.

 

        Logo Intel Corporation                       Logo AMD

 

Namun, Intel dalam banyak hal lebih dikenal secara umum oleh masyarakat dan dipakai hampir 80% pengguna Komputer diseluruh dunia, wajar saja jika kita akan lebih mudah mencari bekasan produk-produk berbasis Intel ketimbang produk berbasis AMD.

Ada pun AMD hingga saat ini lebih mengandalkan harga yang murah untuk menarik peminat Komputersedangkan mutu rata-rata masih dibawa intel secara teknologi maupun kemampuan kerja. Akan tetapi disinilah keunggulan AMD dimana ia senantiasa menawarkan solusi murah bagi anda yang menginginkan kinerja yang kuat dan cepat.

Produk – Produk Intel :

  1. Intel Pentium : Ini merupakan produk processor yang paling popular. Umurnya paling panjang karena hingga kini masih diproduksi. Dimulai dari Pentium, Pentium MMX, Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4.
  2. Intel Celeron : ini merupkan saudara dari Pentium dengan spesifikasi rendah dan harga yang lebih murah. Celeron dibuat sebagai solusi murah bagi mereka yang kurang mampu membeli jajaran processor Pentium yang Mahal. Jika Pentium orientasi ke pengguna kelas menengah keatas dimana bisaanya digunakan untuk bisnis sedangkan Celeron di peruntukkan kelas bawah dimana Komputer hanya dimaksudkan untuk pelengkap hiburan rumah tangga.

 

Pentium 4         Intel Celeron       Pentium 3       Pentium 2    Pentium 1 MMX

  1. Intel Pentium Dual Core atau Core Duo : cpu ini masih dalam kategori Pentium generasi baru dimana inti core-nya dipecah menjadi memiliki kemampuan kerja ganda. Walaupun secara fisik terlihat 1 inti chip namun secara kemampuan iabisa menjalankan 2 intruksi sekaligus dalam satu waktu.
  2. Intel Core 2 Duo : ini merupakan pengembangan dari Dual core dimana unit core didalam cpu dibuat benar-benar terpisah menjadi 2 Core dan mampu masing-masing mengerjakan intruksi per-core-nya dalam satu waktu. Jika dual core satu inti dengan 2 kemampuan kerja maka core 2 duo benar-benar memiliki 2 inti yang bisa mengerjakan 1 pekerjaan per corenya dan lebih kuat kerjanya.
  3. Intel Core 2 Quad : ini CPU yang menggabungkan antara Dual core dengan Core 2 Duo, sehingga dalam satu chip memiliki 2 inti core dan masing-masing inti memiliki 2 kemampuan kerja. Nah, jadinya core 2 quad ini terlihat seperti memiliki 4 core yang bisa mengerjakan 4 intruksi sekaligus dalam 1 waktu.

 

Dual Core       Core 2 Duo         Core 2 Quad

  1. Intel Core i7 : Ini merupakan generasi mutakhir dari Intel dengan segudang fitur dan kemampuan yang banyak. Selain menawarkan jumlah core dan treadhing yang banyak serta kecepatan yang tinggi, CPU ini juga sudah dibenamkan integrated VGA Intel HD, Chipset, Smart Cache, Smart hyperthreading, turboboost, dual atau triple cannel Memory, dll. Tentu saja harganya sangat mahal. Ada 3 jenis core i7 yang diproduksi saat ini :

–          Intel Core i7 Awal (Nehalem) : 4 inti core dan 8 Threading Intruction.

–          Intel Core i7 Menengah (Sandy Bridge) : 6 Inti Core dan 12 Threading.

–          Intel Core i7 Terbaru (Ivy Bridge) 4 – 8 inti dan 8 – 16 Threading.

  1. Intel Core i5 : ini merupakan versi menengah dari keluarga cpu Core i series. Dengan kemampuan yang sedikit dikurangi, seperti jumlah thread atau corenya  dikurangi, sisanya dengan fitur yang sama kecuali unlock multiplier-nya yang dikunci pada core i5. Untuk tipenya samasaja dengan core i7 seperti Nehalem, sandybridge, dan Ivybridge.
  2. Intel Core i3 : nah, processor kelas murah dengan kemampuan Core i series. Harganya setara dengan core 2 duo atau core 2 quad (satu jutaan). Spesifikasinya kurang lebih sama dengan Core i5, hanya saja tanpa Turbo boost dan beberapa fitur dihilangkan.

 

Intel Core i7                   Intel Core i5  Intel Core i3

  1. Intel Atom : CPU ini dikhususkan untuk Komputer hemat listrik. Bisaanya digunakan untuk Komputer Netbook atau Nettop (Desktop mungil). Kemampuan kerja setara dengan Pentium 4 awal. Batere bisa bertahan 6 s. d 10 jam dengan cpu intel atom sedangkan dengan cpu standar missal core i3 Cuma bertahan 3 – 5 jam saja dengan kapasitas batere yang sama.

 

Intel Atom Tipe N           Atom tipe Z

  1. Intel Xeon : CPU ini bisaa dipakai untuk Komputer dengan spesifikasi SERVER. Kemampuan multitasking-nya tentu berbeda dengan cpu desktop PC. Tapi secara umum spesifikasi dari Xeon sama dengan Core i7 untuk saat ini. Bisaanya Xeon di jual paket dengan motherboard Servernya.

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 31 Oktober 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: