Pengertian Komputer Dan Macam-macamnya

Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi, segala sesuatu yang dilakukan oleh komputer, baik yang ditampilkan pada layar monitor, suara, gambar, dan lain-lain diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.
Komputer berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan. Awalnya, komputer merupakan peralatan yang mahal dan berukuran besar. Akhirnya, muncullah suatu komputer yang lebih kecil dan dirancang untuk digunakan oleh satu user dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Komputer seperti ini yang disebut dengan Personal Computer atau disingkat dengan PC.
Akhir-akhir ini telah diciptakan pula mobile PC yang sering dikenal dengan notebook  atau laptop. Komputer ini mudah dibawa dan dipindahkan (mobile).
1. Jenis-Jenis Komputer
Secara umum, jenis-jenis komputer saat ini terbagi menjadi sebagai berikut.
a. Superkomputer
Superkomputer merupakan jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer ini tersusun atas 9.152 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 trilyun instruksi per detik. Pada tahun 2004 IBM telah menyelesaikan proyek superkomputer Blue Storm dengan kecepatan 20 trilyun instruksi per detik.
b. Mainframe atau Komputer Besar
Mainframe adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Harganya mencapai jutaan dolar dan mempunyai ukuran lebih dari satu ruangan. Kegunaannya adalah menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Contoh komputer ini adalah IBM S/390.

c. Minicomputer atau komputer kecil
Minicomputer sering disebut dengan sistem Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Biasanya melayani jaringan
dengan terminal yang sederhana, sebagai server pada perusahaan berskala menengah, memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS. Contoh komputer ini adalah IBM AS/400.
d. Workstation atau terminal kerja
Workstation merupakan mesin yang powerfull. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS. Komputer-komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerfull seperti digital Alpha atau MIPS.
e. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer/komputer pribadi, merupakan komputer yang murah dan dibuat/diproduksi secara banyak/massal, dengan kecepatan 1-50MLPOS. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem operasi yang sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar. Mikrokomputer dibedakan menjadi Desktop PC, Tower PC, Notebook, Palmtop, PDA, dan Laptop.
1) Desktop PC, adalah jenis PC yang berukuran besar dan umum digunakan pada rumah atau kantor dengan case (kotak CPU) dalam
posisi tertidur diletakkan di atas meja.
2) Tower PC, adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri. Umumnya kotak CPU diletakkan di samping atau di bawah kolong meja.
3) Notebook (minilaptop), adalah jenis komputer yang memiliki sifat seperti laptop, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil daripada
laptop.
4) Palmtop atau Handled PC (PC gengam), adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator, sehingga dapat diletakkan di atas tangan.
5) PDA (Personal Digital Assistant), adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.
6) Laptop, adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk dipindah atau dibawa bepergian.

f. Mikrokontroler
Mikrokontroler disebut juga Embedded Computer, yaitu suatu mikroprosesor yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan
elektronik cerdas, mobil, maupun lift. Keunggulan dari mikroprosesor ini adalah mem-buat peralatan dapat diprogram.
Komputer terdiri dari pendukung-pendukung fisik yang disebut dengan hardware atau perangkat keras yang meliputi prosesor, RAM,
keyboard mouse, dan banyak lagi komponen lainnya. Selain pendukung fisik, terdapat juga komponen pendukung nonfisik atau sering disebut dengan perangkat lunak atau software. Software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sebuah fungsi komputer.
Keberadaan perangkat lunak (software) sangatlah penting. Tanpa perangkat lunak, sebuah komputer tidak dapat difungsikan. Perangkat lunak (software) merupakan instruksi yang tersimpan di dalam disk atau CD ROM. Dengan adanya software inilah maka komputer dapat menentukan apa yang Anda kerjakan. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
Jadi, sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan adanya hardware dan software, maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 9 September 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: