Mitos Battery Lithium Ion (Li-ion)

Mitos Battery Lithium Ion (Li-ion)

Bagi sebagian orang yang belum mengenal battery Li-ion, berbagai mitos mengenai battery masih membuat orang-orang khawatir bahwa charge hanya boleh dilakukan ketika battery sudah mau habis. Sebagian besar mitos tersebut sebenarnya tidak berlaku untuk battery Li-ion.

  1. Charge battery baru selama 8 jam adalah salah satu tips yang pernah saya berikan. Setelah research, ternyata hanyalah sebuah mitos. Battery Li-ion sudah dapat langsung digunakan tanpa melakukan charging 8 jam atau disebut juga priming. Jadi berhentilah memberikan saran seperti ini. Hanya battery nickel-based yang membutuhkan priming.
  2. Charging hanya boleh dilakukan pada saat battery mendekati 0% tidak berlaku untuk battery Li-ion. Charging metode ini berguna untuk battery nickel-based dalam menjaga performa battery, tetapi tidak berlaku bagi battery Li-ion yang sudah dirancang fleksibe sehingga dapat dicharge kapan saja.
  3. Melepaskan battery ketika menggunakan AC power menjaga kualitas battery adalah tidak pengaruh. Battery Li-ion memiliki sebuah sirkuit yang memonitor arus listrik ketika charging sehingga mencegah apa yang dikenal dengan nama overcharging. Mitos ini muncul karena kekurangan yang umumnya terdapat pada nickel-based battery.
  4. Full discharge itu bagus atau menghabiskan battery sampai titik darah penghabisan. Battery Li-ion dirancang untuk selalu dalam keadaan berisi, dan kegiatan melakukan full discharge bisa menyebabkan kerusakan pada battery Li-ion.
  5. Tidak boleh sering-sering charge malah menurunkan performa battery Li-ion. Sebaiknya battery Li-on sering digunakan. Minimal seminggu sekali untuk menjaga performanya tetap bagus.

Sumber: Apple, TeChatPlay, Kipre

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 28 Agustus 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: