Processor CORE Generasi 4 Intel diberi Nama Haswell

(Diatas gambar lembaran (belum dipisah) inti processor Haswell yang lebih kecil dibandingkan sebuah jarum)

————

Saat membuka acara Intel Developer Forum ke-15 di San Francisco, AS, Chief Product Officer (CEO) Intel Dadi Perlmutter memperkenalkan lini prosesor “Haswell” yang akan menjadi penerus seri “Ivy Bridge”.

Haswell adalah generasi keempat dari keluarga prosesor “Core” yang dibuat dengan proses fabrikasi 22 nm.

Prosesor baru ini dibuat khusus untuk menghemat daya. Konon, Haswell mampu berjalan sekencang Ivy Bridge tetapi hanya membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit.

Salah satu varian Haswell memiliki angka konsumsi daya hanya 10 watt, tapi kinerjanya sebanding dengan Ivy Bridge yang membutuhkan 17 watt.

Hal tersebut memungkinkan diciptakannya komputer mobile yang lebih tipis dan lebih tahan lama. “Daya tahan baterai ultrabook di tahun depan misalnya, akan meningkat menjadi sembilan jam dari lima jam tahun ini,” ujar Direktur Pemasaran Produk Notebook Intel Adam King, seperti dikutip dari BBC. 

Intel berencana membuat dua versi Haswell, satu versi dengan angka kebutuhan daya 10 watt, dan lainnya dengan angka kebutuhan daya 15 watt. Keduanya masing-masing mampu menghemat daya sebesar 52 persen dan 29 persen dibanding prosesor generasi saat ini.

Belum ada jadwal pasti mengenai kemunculan Haswell ataupun informasi harganya.

Di samping itu, Intel juga menerapkan peningkatan lain pada Haswell berupa kapabilitas pemrosesan grafis yang dua kali lebih baik dibandingkan pada Ivy Bridge.

Pemroses grafis pada Haswell mendukung API Direct X 11.1, OpenGL 4.0, dan OpenCL 1.2. Andalan baru Intel ini sanggup menyalurkan output ke perangkat display 4K atau ke tiga monitor HD sekaligus.

 

 
Sumber :
BBC (Kompas.com)

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 15 September 2012, in HARDWARE, TEKNOLOGI and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: