Penyembuhan Cepat Ala Windows 8


Penyembuhan Cepat Ala Windows 8

 

Pengguna Windows pasti pernah mengalami mimpi buruk itu: kelakuan komputer tiba-tiba berubah menyebalkan. Kerjanya terasa berat, atau sebentar-sebentar restart.

Perbaikan memang mudah dilakukan jika sumber permasalahan diketahui. Namun, ketika semua jurus sudah dikeluarkan, komputer sering kali tetap berlaku menyebalkan.

Jika hal itu terjadi, biasanya kita melakukan instalasi ulang Windows. Cara ini memang efektif mengatasi masalah, tapi tetap terasa merepotkan. Kita harus melakukan back-up data penting, lalu memasang kembali driver dan software-software favorit.

Permasalahan inilah yang coba diatasi Microsoft di Windows 8. Lewat penuturan di blog.msdn.com, Microsoft mengumumkan fasilitas Refresh your PC dan Reset Your PC yang akan ditanamkan di sistem operasi terbaru mereka itu. Kedua cara ini pada dasarnya melakukan instalasi ulang Windows, namun pada tingkatan berbeda.

 

Sortir Otomatis

Pada Refresh Your PC, Windows 8 akan melakukan instalasi ulang Windows dengan tetap mempertahankan data, aplikasi Metro Style, maupun setting penting lainnya.

Enaknya, kita tidak perlu melakukan back-up maupun menempatkan data pada partisi berbeda. Ketika Anda menjalankan Refresh Your PC, Windows 8 secara cerdas akan memindai data, aplikasi, dan setting penting lain lalu memindahkannya ke bagian lain dari harddisk/partisi yang sama.

Ketika proses instalasi ulang Windows selesai, data-data penting tersebut dikembalikan lagi dan komputer kembali ke kondisi “sehat”.

Namun, perlu dicatat, proses Refresh Your PC ini hanya mengembalikan aplikasi Metro Style, namun tidak aplikasi desktop standar (seperti Photoshop, Firefox, dan lainnya). Menurut Microsoft, hal ini dilakukan karena sangat sulit untuk menentukan aplikasi mana yang menjadi sumber masalah.

Windows 8 hanya akan menampilkan aplikasi yang terpaksa “dibuang” dalam sebuah file HTML di desktop, sehingga pengguna bisa mengetahui aplikasi apa yang harus dipasang ulang.

Namun, ada cara mengakali keterbatasan itu. Pada komputer yang baru dibeli, pasang semua aplikasi favorit. Setelah itu, jalankan perintah recimg.exe yang akan membuat image dari Windows 8 lengkap dengan aplikasi favorit Anda.

Ketika suatu hari Anda terpaksa melakukan Refresh Your PC, Windows 8 akan mengembalikan komputer ke kondisi Windows 8 plus aplikasi favorit tersebut—bukan Windows 8 “polos” seperti proses standar.

 

Cepat Bersih

Fasilitas kedua yang disediakan Windows 8 adalah Reset Your PC—yang mirip seperti proses instalasi ulang yang kita lakukan selama ini. Bedanya, pada pilihan Reset Your PC, Windows 8 menyediakan dua pilihan: Quick dan Thorough.

Pada pilihan Quick, proses reset berlangsung cepat karena tidak ada mekanisme penghapusan data secara khusus. Data-data lama Anda memang tidak terlihat, namun bisa dikembalikan menggunakan software pemulih data.

Kebalikannya terjadi para Thorough, karena sistem akan menulis ulang harddisk dengan data acak. Alhasil, data di dalamnya tidak bisa dikembalikan meski menggunakan software khusus.

Namun, daya tarik utama dari proses Refresh dan Reset Your PC adalah pada kecepatannya. Menurut perhitungan Microsoft, proses refresh bisa berlangsung dalam waktu kurang dari 8,5 menit, sementara proses Reset cuma 6 menit (lihat tabel).

Microsoft sendiri berjanji akan terus melakukan perbaikan agar mekanisme Refresh dan Reset your PC di Windows 8 semakin cepat lagi. Namun berkaca dari pengalaman, waktu 6 menit untuk instalasi ulang sudah sangat menyenangkan.

Cepatnya Proses

Untuk menunjukkan keefektifan mekanisme Refresh dan Reset Your PC, Microsoft merilis perhitungan internal mereka berdasarkan Windows 8 versi Developer Preview.

Hasilnya terbilang impresif seperti bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Mekanisme Penyembuhan

Waktu yang Dibutuhkan

Refresh Your PC

8 menit 22 detik

Reset Your PC (Quick)

6 menit 12 detik

Reset Your PC (Thorough, dengan Bit Locker)

6 menit 21 detik

Reset Your PC (Thorough, tanpa Bit Locker)*

23 menit 52 detik

*Proses Reset Your PC (Thorough) tanpa Bit Locker lebih lama dibandingkan reset dengan Bit Locker karena Bit Locker sendiri sudah dienkripsi. Jadi, tidak perlu diacak pun sudah sulit dipulihkan.

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 20 Maret 2012, in SOFTWARE and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: