Intel Siapkan Xeon Baru Untuk Hadapi Ledakan Data

Intel memprediksi pada 2015 nanti akan ada 15 miliar perangkat terhubung.

Tren pertumbuhan data dalam sistem penyimpanan cloud semakin meningkat. Intel memprediksi pada 2015 nanti akan ada 15 miliar perangkat terhubung, dan lebih dari 3 miliar pengguna terhubung pada tahun 2015.  Menghadapi ini, Intel memperkenalkan Procesor Intel Xeon E5-2600/1600, prosesor cepat untuk data center.

“Data center perlu sesuatu yang lebih cepat, untuk itu kami memperkenalkan prosesor Intel Xeon E5-2600,” kata Arya Sanjaya, Business Development Manager Intel Indonesia, Jakarta, 8 Maret 2012.

Ia menggambarkan bahwa secara perhitungan kasar, saat ini satu server melayani 400 smartphone. Di tengah kebutuhan ledakan data, server pun harus mengimbanginya.

Kondisi meledaknya data tersebut, mengakibatkan lalu-lintas IP dari data center di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh sebesar 33 persen tiap tahunnya hingga tahun 2015. Secara keseluruhan jumlahnya akan melebihi 4,8 zetabyte per tahun.

Mengutip data Cisco, ini berarti 3 kali lebih besar dari jumlah data pada tahun 2011. “Kebutuhan data pengguna saat ini lebih dari 1 Gb per bulan,” sebutnya.

Prosesor terbaru ini memberikan kinerja terdepan, kemampuan per watt terbaik, terobosan inovasi input-output, dan fitur keamanan perangkat keras yang andal, memungkinkan hadirnya solusi TI dengan skalabilitas yang baik.

Jajaran prosesor baru ini tidak hanya menjadi jantung dari server dan workstation, namun juga akan menjalankan generasi storage masa depan serta sistem komunikasi dari para vendor terkemuka di seluruh dunia.

Mendukung hingga delapan core per prosesor dan sistem memori sampai dengan 768GB, keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 mampu meningkatkan kinerja hingga 80 persen dibandingkan seri generasi sebelumnya, Intel Xeon 5600. Produk tersebut juga mendukung Intel Advanced Vector Extension (Intel AVX) yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan perhitungan intensif, seperti pada analisis keuangan, pembuatan konten media, dan komputasi kinerja tinggi, hingga dua kali lipat.

Prosesor Xeon E5-2600 ditawarkan dalam 17 paket berbeda dengan rentang harga mulai US$ 198 sampai US$ 2050 per unit. (umi)

• VIVAnews

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 9 Maret 2012, in HARDWARE and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: