Cara Mengatasi Masalah Instal Dualboot Win 7 dan Win XP

Jika anda sebelumnya menginstall windows XP di partisi C: pada computer anda, tentu saja didual Boot dengan windows 7 tidaklah masalah, nah jika sebaliknya gimana? Berikut ini adalah cara instal dual boot pada win 7. (Win 7 terinstal lebih dulu dan ingin dual boot dengan win xp), yang dibutuhkan adalah :

  1. CD instalasi Win XP
  2. DVD instalasi Win 7
  3. Program Dual Boot. Download programnya EASYBCD
Langkah – langkahnya sebagai berikut :

Install Windows XP

Langkah pertama adalah menginstal windows xp, cara instalnya tidak beda dengan cara install windows xp umumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu windows xp di install pada drive/partisi yang berbeda dengan windows 7. Seandainya windows 7 diinstal di drive C:, maka windows xp di install di selain drive C:, bisa D:,E:, atau yang lain sesuai dengan keinginan. Untuk menginstal windows xp di butuhkan paling tidak 5GB free space dari partisi yang akan digunakan tadi.

Status Repair

Status repair adalah mengembalikan BOOTLOADER dari windows7 yang tertimpa oleh windows xp. Karena setelah menginstal windows xp, maka windows 7 tidak bisa digunakan lagi (karena tidak bisa booting), nah cara buat mengembalikan BOOTLOADER dari windows 7 yaitu dengan cara status repair menggunakan DVD instalan windows 7. Caranya bisa di lihat disini

Mengembalikan Boot Loader Pada Win XP

Setelah windows 7 bisa di gunakan(bisa booting), windows xp gantian tidak bisa di load(booting), nah untuk mengembalikan BOOTLOADER dari windows xp ini kita membutuhkan aplikasi yang namanya EasyBCD, yang bisa kamu download disini. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat dan memodifikasi bootloader pada Windows Vista. Tapi aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk Windows 7. Ini juga bekerja baik untuk memodifikasi bootloader dari Windows 7. Adapun cara menggunakan aplikasi ini sebagai berikut :Jalankan aplikasi EasyBCD. Pilih Add New Entry. Pada Sistem Operasi di tab Windows, ganti dengan type windows xp. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada Automatically detect correct drive. Tentukan drive dimana win xp diinstal lalu pilih Add Entry
Selesai sudah deh…Coba restart komputer anda..Semoga sukses

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 6 Maret 2012, in HACKER, SOFTWARE and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bagaimana cara unistal seven trus niatnya mau instal XP…
    mohon panuannya detail ya…

    maklum newbi🙂

    • caranya ya cuma pindahkan dulu data penting di partisi C: kemudian masukkan CD installer Windows XP ke DVDROM, setting booting bios ke CD/DVDROM, tekan F10 untuk simpan dan jika muncul loading Instalasi Windows XP, tekan ENTER.
      Sisanya kamu tinggal ikuti petunjuk yang sudah ada, ingat saat partisi cukup pilih partisi C: yang lama dengan tekan Enter, selanjut pilih menu format dan ikuti petujuk sisanya hingga selesai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: