Melongok Windows 8 “Consumer Preview”

Tampilan Windows 8 Consumer Preview.
Microsoft telah merilis Windows 8 versi Beta di perhelatan Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu. Windows 8 versi Beta ini juga disebut Windows 8 Consumer Preview. Ada banyak perubahan yang terjadi di Windows 8. Tak heran jika Microsoft sangat berambisi sistem operasi terbarunya akan menuai sukses, tak hanya di jajaran komputer desktop tapi juga di jajaran tablet dan smartphone. Log-in Jika Anda salah seorang yang suka menjaga privasi perangkat komputer dengan password, Windows 8 menyediakan cara baru berupa Picture Password, di mana Anda bisa masuk ke sistem operasi dengan menggunakan foto sebagai password-nya. Pasanglah foto yang berbeda atau memiliki keunikan tersendiri agar lebih aman dan mudah diingat. Foto tersebut akan muncul di layar saat posisi terkunci atau saat Anda hendak mengaktifkan komputer. Keamanan dari picture password ini berasal dari cara jari Anda menyentuh atau menggambar bagian-bagian tertentu pada foto. Sistem ini merekam kombinasi gerakan, titik gerakan, arah gerakan, dan gerakan jari. Untuk gerakan jari bisa berupa titik, garis, ataupun lingkaran. Gerakan-gerakan itu akan diterima sebagai akses yang valid sehingga Windows 8 menafsirkan gerakan tersebut sebagai password. Picture password ini dianggap sebagai metode alternatif untuk login. Jika Anda salah memasukkan sandi gambar sampai lima kali,  perangkat akan terkunci sampai Anda melakukan log-in dengan memasukkan password teks dan karakter seperti biasa. Windows 8 tidak lagi menyediakan fitur pengenal wajah untuk melakukan log-in.
Lock Sreen - Windows 8 Consumer Preview

Bernavigasi

Navigasi tampilan utama Windows 8 dilakukan dengan cara menggeser. Ini menjadi perubahan besar mengingat Windows 8 telah menggunakan antarmuka Metro. Untuk berpindah dari title bar satu ke title bar lainnya, Anda cukup menggeser ke kiri ataupun ke kanan. Tampilan menu dan fitur yang berpetak-petak pada Windows 8, disebut tile. Tile tersebut disusun berdasarkan kelompok, seperti Apps, People, Settings dan lainnya. Namun, Anda juga bisa mengkostumisasi tile-tile tersebut. Jika belum familiar dengan antarmuka Metro, Anda bisa memilih tampilan desktop yang kurang lebih sama dengan tampilan Windows 7.

Tile Desktop untuk menampilkan antarmuka Desktop seperti Windows 7 - Windows 8 Consumer Preview

Seperti Windows versi sebelumnya, selain dinavigasi dengan mouse dan keyboard, Windows 8 juga bisa dinavigasi dengan sentuhan. Berikut tampilan keyboard virtual di Windows 8. Keyboard virtual macam ini cukup nyaman jika digunakan pada tablet dalam posisi vertikal, di mana ibu jari dapat meraih seluruh tombol yang diletakkan di sisi kanan dan kiri layar. Secara default, tombol angka di letakkan di tengah.

Keyboard Virtual - Windows 8 Consumer Preview

Fitur Dalam Windows 8 Consumer Preview, telah terdapat aplikasi email, kalender, kontak dan messaging, tetapi tidak ada penampakan program Office.

Internet Explorer 10 Beta

Internet Explorer 10 Beta - Windows 8 Consumer Preview

Di Windows 8 Consumer Preview, Microsoft telah menyertai browser Internet Explorer 10 versi Beta. Beginilah tampilan Internet Explorer 10. URL bar berada di bawah, sedangkan tab masih berada di atas namun dengan ukuran bar yang lebih besar. Windows Store Untuk pertama kalinya, Microsoft menjanjikan Windows 8 akan dilengkapi toko aplikasi bernama Windows Store, yang menyediakan beragam pilihan aplikasi baik yang gratis ataupun berbayar. Di Windows Store, pengguna dapat mengunduh aplikasi serta mendapatkan akses ke media penyimpanan awan (cloud storage) SkyDrive dengan kemampuan mengakses data di berbagai perangkat termasuk ponsel atau tablet berbasis Windows 8.

Penasaran ingin menjajal Windows 8 Consumer Preview?

Anda bisa mengunduhnya di tautan ini.

About itcompareblogs

pusat kursus komputer sampai bisa

Posted on 5 Maret 2012, in SOFTWARE and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: